DPR Akui Adanya Krisis


Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan bahwa kebijakan penyelamatan Bank Century adalah keputusan yang diambil di tengah-tengah puncak krisis ekonomi yang melanda dunia pada akhir 2008.

Saat itu, kata Presiden dalam pidatonya di Istana Merdeka, Kamis (4/3) malam, pemberitaan media cetak dan elektronik menggambarkan bahwa seluruh dunia tengah merasakan hantaman gelombang tsunami ekonomi. Karena itu, tidak mengherankan pada November 2008, para anggora DPR, termasuk yang kini menjadi anggota Dewan kembali, menyuarakan kecemasan ancaman global.

Selanjutnya, sesuai dengan harapan anggota DPR saat itu, pemerintah segera mengambil langkah cepat dan strategis. Di antaranya dengan menerbitkan tiga peraturan pemerintah penganti undang-undang (Perppu) untuk menghadapi krisis. Menurut Presiden, sesuai UUD 45, Perppu diterbitkan karena ada krisis atau kegentingan.

Ketika itu, DPR sependapat dengan pemerintah. Lembaga ini menyetujui Perppu perbaikan peraturan bidang keuangan dan perbankan. “Itu maknanya DPR mengakui ada kegentingan dan krisis dan perlu pengambilan keputusan di masa krisis,” ujar Presiden.

Adanya persepsi yang sama antara DPR dengan pemerintah, justru kini dilupakan. Sepertinya, sebab-sebab yang melatarbelakangi tindakan terhadap Centruy menjadi kabur. “Sayang sekali dalam proses perdebatan Pansus Angket Century sering dilupakan detik-detik sulit ketika keputusan penyelamatan Century dilakukan,” kata Presiden [baca: Akhir Drama Century].(IAN)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

pasrah

Hampir tak ada beda
Antara pasrah dan putus asa
Keduanya hanya bisa dirasa
Namun tak bisa diraba
Kepasrahan adalah penyerahan
Setelah terkumpul semua usaha
Keputusasaan adalah penyerahan
Setelah semua usaha dianggap sia-sia

%d blogger menyukai ini: